Manfaat Asap Cair

Manfaat Asap Cair - Pengawet makanan termasuk dalam kelompok zat tambahan makanan yang bersifat inert secara farmakologik (efektif dalam jumlah kecil dan tidak toksis). Pemakaian pengawet sangat luas. Hampir seluruh industri mempergunakannya,termasuk industri farmasi, kosmetik, dan makanan.

Di bidang kesehatan dan farmasi, penggunaan pengawet dibatasi jenis dan jumlahnya. Khusus untuk pengawet makanan, diatur melalui Permenkes RI No. 722/Menkes/Per/IX/88. Namun, banyak pihak tidak bertanggung jawab menggunakan bahan pengawet yang dilarang BPOM untuk makanan seperti formalin, yang biasanya digunakan pada bakso, tahu, ikan dengan alasan biaya murah dan produk keliatan lebih bagus serta tahan lebih lama. Penggunaan formalin bisa digantikan dengan asap cair, karena harganya yang cukup murah dan alami.



Berikut proses pengawetan menggunakan asap cair.

  1. Dalam asap cair mengandung senyawa fenol yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga menghambat kerusakan pangan dengan cara mendonorkan hidrogen.
  2. Dalam jumlah sangat kecil, asap cair efektif untuk menghambat autooksidasi lemak, sehingga dapat mengurangi kerusakan pangan karena oksidasi lemak oleh oksigen.
  3. Kandungan asam pada asap cair juga efektif dalam mematikan dan menghambat pertumbuhan mikroba pada produk makanan dengan cara senyawa asam itu menembus dinding sel mikroorganisme yang menyebabkan sel mikroorganisme menjadi lisis kemudian mati. Dengan menurunnya jumlah bakteri dalam produk makanan, kerusakan pangan oleh mikroorganisme dapat dihambat sehingga meningkatkan umur simpan produk pangan.
  4. Asap cair grade 3 tak dapat digunakan untuk pengawet makanan, karena masih banyak mengandung tar yang karsinogenik. Asap cair grade 3 tidak digunakan untuk pengawet bahan pangan, tapi dipakai pada pengolahan karet penghilang bau dan pengawet kayu biar tahan terhadap rayap. Cara penggunaan asap cair grade 3 untuk pengawet kayu agar tahan rayap dan karet tidak bau adalah 1 cc asap cair grade 3 dilarutkan dalam 300 mL air, kemudian disemprotkan atau merendam kayu ke dalam larutan.
  5. Asap cair grade 2 dipakai untuk pengawet makanan sebagai pengganti formalin dengan taste asap (daging asap, ikan asap/bandeng asap) berwarna kecoklatan transparan, rasa asam sedang, aroma asap lemah. Cara penggunaan asap cair grade 2 untuk pengawet ikan adalah celupkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam 25 persen asap cair dan tambahkan garam. Biasanya ikan yang diawetkan dengan menggunakan asap cair grade 2 bisa tahan selama tiga hari.
  6. Asap cair grade 1 digunakan sebagai pengawet makanan siap saji seperti bakso, mie, tahu, bumbu-bumbu barbaque. Asap cair grade 1 ini berwarna bening, rasa sedikit asam, aroma netral dan merupakan asap cair paling bagus kualitasnya serta tidak mengandung senyawa yang berbahaya untuk diaplikasikan ke produk makanan. Cara menggunakan asap cair grade 1 untuk pengawet makanan siap saji adalah 15 cc asap cair dilarutkan dalam 1 liter air, kemudian campurkan larutan tersebut ke dalam 1 kg adonan bakso, mie atau tahu. Saat perebusan juga digunakan larutan asap cair dengan kadar yang sama dilarutkan dalam adonan makanan. Biasanya bakso yang memakai pengawet asap cair grade 1 bisa tahan penyimpanan selama enam hari. (asap cair)
Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
16 Oktober 2015 19.33 delete

apa benar itu foto produk anda , karena itu kami yg foto untuk kepentingan produksi kami

Reply
avatar
16 Oktober 2015 19.34 delete

apa benar itu foto produk anda , karena itu kami yg foto untuk kepentingan produksi kami

Reply
avatar
JASA LAS
AUTHOR
22 Oktober 2015 00.16 delete

Bagusnya asap sekarang ini juga di manfaatkan.

Reply
avatar
kang hendar
AUTHOR
21 Februari 2016 10.26 delete

bisnis asap bikin dapur ngebul

Reply
avatar
27 Juli 2016 04.17 delete

Apa bener bisa buat makan tahu

Reply
avatar
27 Juli 2016 04.20 delete

Jika bener,apakah bukti dan kenapa gormalin masih beredaran untuk makanan!

Reply
avatar
27 Juli 2016 04.22 delete

Apakah masih berbau asap dan asam?

Reply
avatar
27 Juli 2016 04.22 delete

Apakah masih berbau asap dan asam?

Reply
avatar
27 Juli 2016 04.27 delete

Jika bener,apakah bukti dan kenapa gormalin masih beredaran untuk makanan!

Reply
avatar
27 Juli 2016 04.34 delete

Apa bener bisa buat makan tahu

Reply
avatar
Zuki March
AUTHOR
19 Desember 2016 04.07 delete

Saya tertarik jadi distributor asap cair di kotabaru Kalimantan Selatan

Reply
avatar