Asap Cair sebagai Pengawet Alami

Asap cair adalah hasil dari pembakaran tempurung kelapa dengan melalui berbagai proses sehingga menghasilkan asap cair. Asap cair sebagai pengganti formalin untuk pengawetan mi, bakso, tahu, ayam potong, karet, ikan.  Memang ketahanannya masih kalah dengan formalin akan tetapi resiko lebih kecil. Apalagi saat ini Pemerintah melarang pemakaian formalin terutama terhadap makanan dengan begitu asap cair merupakan salah satu pilihan untuk pengawetan yang memiliki resiko kecil.

Asap Cair

Asap cair yang merupakan pengawet alami yang dihasilkan dari tempurung kelapa ini sangat aman digunakan sebagai pengawet makanan. Asap cair komoditas baru yang mulai tersohor di mata masyarakat sebagai bahan pengawet unggulan pada petani karet.  Produk hasil pembakaran tempurung kelapa dan kayu beras seperti bakau, dan rasmala ini popular karena multifungsi.  Produk yang mengandung senyawa asam, fenolat, dan karbonil itu dapat bermanfaat sebagai bahan pengawet makanan, pembeku karet, pupuk, disenfektan, antivirus, dan obat.  Selain asap cair sebagai bahan pengawet ikan di pelabuhan-pelabuhan, asap cair juga bisa dijadikan tepung sehingga memiliki daya jual yang lebih besar untuk menambah pundi-pundi rupiah. Asap yang semula berbentuk cair diolah lagi menjadi tepung.

Asap cair merupakan suatu ladang usaha yang meiliki prospek yang cerah di mana bahan bakunya diperoleh dari limbah-limbah kelapa yang kurang dimanfaatkan. Karena multi manfaat inilah pantas jika pasar untuk produk asap cair ini terbuka lebar.  Banyaknya permintaan asap cair akan membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan dari usaha asap cair tersebut. Tak heran bila bisnis di bidang usaha ini sangat menarik untuk dicoba.



Pada umumnya pelaku Usaha Asap Cair tinggal berhitung berapa pundi-pundi rupiah yang akan Ia dapat dengan menghitung volume Asap Cair yang Ia miliki. Luar biasa …

Dengan  semua  kelebihan  usaha Asap Cair,  tidak  heran  bila  banyak  pelaku usaha baru  yang  banyak  berminat  untuk  memulai  usaha Asap Cair.

Usaha Asap Cair adalah bisnis yang tidak akan pernah sepi. Dengan melayani 5 Ton per hari kebutuhan pengawetan ikan di pelabuhan-pelabuhan, menjadi potensi pasar yang luar biasa untuk dijalankan. Usaha Asap Cair memiliki pasar sangat jelas, permintaan pasar lokal dan luar negeri tidak pernah sepi, dapat dikembangkan pada lahan terbatas, produk tahan (tidak ada kadaluarsa). (asap cair)
Previous
Next Post »